IS Research Paradigmn (M5)

m5

IS Research Framework

  • Environment
  • Information Systems Research
  • Scientific Knowlede

Research Problem

Masalah penelitian adalah pernyataan tentang hubungan antara dua atau lebih variabel. Masalah penelitian menunjukkan isu utama yang akan diungkap dan dijawab dalam suatu penelitian.

Souces Of Research Ideas

  • Experience
  • Theory
  • Applied Issues

Masalah penelitian dapat diperoleh dengan cara-cara :

  1. Observation (melakukan observasi)
  2. Brainstorming
  3. Theorical prediction (membaca hasil penelitian)
  4. Technological development (perkembangan teknologi)
  5. Knowledge of the research literature (pengetahuan tentang research literature)

Metode Penelitian Sistem Informasi dan Penulisan Karya Ilmiah M2

Research

Merupakan kegiatan ilmiah yang digunakan pada analisis dan konstruksi yang sistematis untuk menghasilkan kebenaran.

Tipe Research

  1. Descriptive Vs Analytical
  • Descriptive merupakan tipe penelitian yang hanya menjelaskan profile yang didapat terhadap suatu research.
  • Analytical merupakan tipe penelitian yang meneliti lebih kedalam berdasrkan penelitian sebelumnya sehingga dapat mengetahui kelengkapan data research yang dilakukan.
  1. Applied Vs Fundamental (Basic)
  • Applied Research yang dilakukan dengan mengemukakan suatu masalah sekaligus mengemukakan solusinya.
  • Fundamental Jenis penelitian tentang science.
  1. Quantitative Vs Qualitative
  • Quantitative Research berdasarkan fakta yang dilakukan dengan melihat skala.
  • Qualitative Research berdasarkan pemikiran (survey).
  1. Conceptual Vs Empiris
  • Conceptual Research yang menghasilkan suatu model atau framework.
  • Empiris Berupa sesuatu yang dapat digunakan di kehidupan sehari – hari.

Good Research

  • Systematic
  • Logic
  • Empirical, yakni berarti real situation
  • Replicable, yakni dapat dikembangkan kembali

Metode Penelitian Sistem Informasi dan Penulisan Karya Ilmiah M3

Information System Research
Merupakan sekumpulan komponen yang saling terintegrasi yang diterapkan di suatu organisasi yang memiliki dampak efektif (tepat sasaran) dan efisien (optimal) di perusahaan.

Tipe Research
1. Descriptive dan Analytical
• Descriptive → Tipe penelitian yang hanya menjelaskan profile yang didapat terhadap suatu research.
• Analytical →Tipe penelitian yang meneliti lebih kedalam berdasrkan penelitian sebelumnya sehingga dapat mengetahui kelengkapan data research yang dilakukan.

2. Applied dan Fundamental (Basic)
• Applied → Research yang dilakukan dengan mengemukakan suatu masalah sekaligus mengemukakan solusinya.
• Fundamental → Jenis penelitian tentang science.

3. Quantitative dan Qualitative
• Quantitative → Research berdasarkan fakta yang dilakukan dengan melihat skala.
• Qualitative → Research berdasarkan pemikiran (survey).

4. Conceptual dan Empiris
• Conceptual → Research yang menghasilkan suatu model atau framework.
• Empiris → Berupa sesuatu yang dapat digunakan di kehidupan sehari – hari.

Bentuk Metode berupa wawancara, survey, observasi, study literature dan sebagainya. Sedangkan Metodologi yakni gabungan dari metode – metode yang digunakan.

Metode Penelitian Sistem Informasi dan Penulisan Karya Ilmiah M1

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI – TELKOM UNIVERSITY

Mata Kuliah : Metode Penelitian Sistem Informasi dan Penulisan Karya Ilmiah

Minggu ke 1
• Introduction
1. Mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai pembelajaran matakualiah selama satu semester
2. Mahasiswa mampu memahami tujuan penelitian, tipe penelitian, metode vs metodologi penelitian, dan bagaimana proses melakukan penelitian (C2)

• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Menjelaskan SAP dan Silabus
2. Pengertian Penelitian
3. Tujuan dan motivias penelitian Tipe-tipe penelitian
4. Pendekatan penelitian
5. Metodologi vs Metode Penelitian
6. Bagaimana melakukan penelitian
7. Ukuran penelitian yang baik
Minggu ke 2
• Pendekatan “Design Science” untuk Penelitian SI
1. Mahasiswa memahami pendekatan Penelitian Design Science untuk domain Sistem Informasi (C2)
2. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan literature (makalah) menjadi bagian-bagian pada framework SI dengan pendekatan design science (C3, P3)
3. Mahasiswa mampu menulis resume mengenai hasil kajian literature (C3, P3)

• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Pengertian Riset dengan pendekatan Design Science
2. Spektrum IS Design Science Research
3. IS Framework dengan pendekatan Design Science Riset
4. Pengembangan DSR pada bidang SI [Hevner ch1&2; Marczyk, ch 1]
Minggu ke 3
• Pendefinisian Permasalahaan / IT Artefact
1. Mahasiswa mampu mendefinisikan permasalahan untuk penelitian TA (C5, P3)
2. Mahasiswa menjelaskan pentingnya permasalahan yang dipilih berdasarkan literature (C4)

• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Pengertian permasalaah Penelitian
2. Memilih permasalahaan
3. Mengembangkan Ide permasalahaan penelitian [Hevner ch2, Bordens, ch 2; Khotari, ch 2]
Minggu ke 4
• Kajian Literatur
1. Mahasiswa mampu membuat abstraksi pemasalahan dan solusi (construct) dari penelitian TA (C4,P4)
2. Mahasiswa mampu membuat state of the art dari penelitian (C5, P5)

• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Pengertian teori
2. Siklus Pembangunan teori
3. Taksonomi tipe teori dalam SI [Hevner , Ch4]
Minggu ke 5
• Metode Penelitian
1. Mahasiswa mampu memilih dan menentukan metode penelitian yang akan digunakan dalam TA (C4)
2. Mahasiswa mampu menulis laporan mengenai metode peneltian (P5)
• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Twelve Theses on Design Science Research in Information Systems [Hevner , ch5]
Minggu ke 6
• Evaluasi dan Validasi Hasil Penelitian
1. Mahasiswa dapat mengkorelasikan hasil penelitian dengan metode pengujian IT artefact dari literature
2. Mahasiswa dapat menentukan jenis evaluasi untuk hasil penelitiannya (C4)
3. Mahasiswa dapat melakukan evaluasi hasil penelitian yang dipiih (P3)

• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Pengertian Evaluasi dalam penelitian
2. Pentingnya Evaluasi dalam Penelitian
3. Struktur Dasar Evaluasi
4. Bagaimana Melakukan Evaluasi dalam Penelitian [Hevner, ch 9]
Minggu ke 7
• Teknik Penulisan Laporan
1. Mahasiswa mengetahui format laporan yang berlaku di prodi SI (Tel-U) [C1]
2. Mahasiswa dapat membuat laporan sesuai dengan format laporan prodi SI [C3]
3. Mahasiswa memahami struktur dan isi pada setiap bab dalam laporan sesuai format [C2]

• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Format Laporan
2. Struktur Laporan
3. Isi setiap bagian laporan [Format dan Struktur Laporan TA Prodi SI Telkom University]

Minggu ke 8
Evaluasi Tengah Semester (Mengumpulkan Proposal Bab 1) – 20%

Minggu ke 9
• Teknik Presentasi dan Overview Pembuatan Makalah
1. Mahasiswa memahami teknik pembuatan presentasi dan penyampaiannya [C2]
2. Mahasiswa mampu membuat presentasi secara terstruktur dari penelitiannya [C3, P3]
3. Mahasiswa dapat melakukan presentasi mengenai penelitian TA dengan baik [C3, P3]
• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Struktur pembuatan presentasi
2. Cara presentasi
3. Cara membuat :
– Abstrak
– Pendahuluan
– material dan metode
– hasil penelitian
– diskusi
– referensi
Minggu ke 10
– Penulisan Makalah
1. Mahasiswa mengerti cara membuat makalah untuk prosiding maupun jurnal [C3]
2. Mahasiswa mampu membuat makalah dari penelitiannya [C5, P5]
3. Mahasiswa mampu mereview makalah [C4, P3]

• Materi Pembelajaran [Pustaka]
1. Mengumpulkan makalah [Lapin, How to write a wining scientific paper , IEEE]
Minggu ke 16
Evauasi Akhir Semester (Seminar , Mengumpulkan Proposal Lengkap dan Slide Presentasi) – 40%

Review Pertemuan ke 1
Perbedaan Profesional dan Peneliti

  • Profesional adalah orang yang hidup dengan cara mempraktekan suatu keterampilan atau keahlian tertentu yang terlibat dengan suatu kegiatan menurut keahliannya. Jadi dapat disimpulkan profesional yaitu orang yang menjalankan profesi sesuai dengan keahliannya.
  • Hill Way:  Menurut Hill Way, pengertian penelitian adalah suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah tersebut.