Telkom University Creating The Future

Telkom University Creating the future? Apa sih itu? Kepo?  Sebelumnya saya sendiri sudah pernah mengepost tentang let’s Creating the future  di post sebelumnya. Mari telusuri lebih dalam ke dalam bilik artikel.

telkom-university

Perubahan adalah langkah awal untuk menjadi sesuatu yang baru lebih segar dan lebih banyak berkarya. Perubahan yang sangat besar terjadi di Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, STISI Telkom dan Politeknik Telkom yang awalnya berjalan masing-masing. Kini keempat perguruan tinggi tersebut telah bersatu menjadi empat fakultas yang bersatu membentuk kekuatan bersama untuk menjadi Telkom University Creating The Future. Perubahan ini sendiri dipicu atas dasar tujuan yang sama yakni menjadi Perguruan Tinggi Internasional yang unggul dan menjadi agen perubahan dalam pembentukan insan cerdas dan kompetitif, serta berperan dalam pembentukan masyarakat yang sejahtera.

Berikut sekilas profil dari ke empat fakultas besar yang kini bersatu untuk menjadi Telkom University Creating The Future:

  1. Telkom Engineering School (TES)

Fakultas Teknik ini merupakan transformasi dari Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) yang mengkhususkan program studinya pada bidang Information and Communications Technologies (ICT)

2. Telkom Economic & Business School (TEBS)

Merupakan transformasi dari Institut Manajemen Telkom (IM Telkom)  yang mengkhusukan program studinya di bidang ekonomi dan bisnis

3. Telkom Creative Industries School (TCIS)

Adalah transformasi dari Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI TELKOM) yang mengkhuskan program studinya di bidang industri kreatif.

4. Telkom Applied Science School (TASS)

Merupakan Fakultas Ilmu Terapan yang sebelumnya dikenal sebagai Politeknik Telkom.

Mewujudkan World Class University (WCU) di tahun 2017 memang pernah menjadi cita-cita YPT (Yayasan Pendidikan Telkom). Namun sepertinya cita-cita tersebut tidak sekadar isapan jempol belaka. Bersatunya ke empat institusi yang ada di bawah naungan YPT ini menjadi empat fakultas merupakan langkah awal menuju WCU. Belakangan ini juga pembangunan gedung-gedung perkuliahan sedang di laksanakan oleh pihak kampus Telkom University. Pembangunan yang mencolok saat ini yaitu pada pembangunan gedung perkuliahan umum berlantai sepuluh yang terletak di seberang asrama Mahasiswi.

Pembangunan-pembangunannya sendiri adalah  upaya untuk menciptakan masa depan para mahasiswanya dengan mengembangkan kompetensi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun softskill melalui berbagai fasilitas/layanan lengkap yang disediakan agar canangan menjadi Telkom University Creting The future bisa tercapai.

Jadi apa itu Telkom University Creating the Future?

Telkom University creating the future maksudnya kampus mencanangkan menjadi perguruan tinggi berkelas internasional yang unggul di bidang Infokom dan menjadi agen perubahan dalam membentuk insan cerdas dan kompetitif untuk menciptakan masa depan dalam keilmuan baru globalisasi dunia.

Sebagai canangan menjadi Telkom University creting the future pihak kampus telah menyediakan fasilitas yang menunjang Mahasiswanya untuk bisa berperan aktif dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi.

Lalu bagaimana Untuk bisa menjadi Telkom University Creating The future?

Telkom Univesity Creating the Future  tidak hanya akan menjadi slogan apabila semua warga Telkom University ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunannya. Gedung-gedung  besar yang dibangun dan fasilitas diperlengkap akan terasa percuma apabila Mahasiswanya tidak ikut berkonstribusi besar pada pengembangannya.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan secara maksimal untuk mengasah potensial-potensial dan soft skillnya agar kelak lulusan telkom University nantinya dapat menciptakan masa depan bagi tanah air yang lebih baik khususnya di bidang ICT, Management and Creative Industries sesuai yang di cita-citakan Telkom Univesity Creating The future.

sumber:

http://www.telkomuniversity.ac.id/

Wawancara Eksklusif

                     1463008_10201031896466289_153783385_n

                   EIRRG adalah singkatan dari Electronics and Intelligence Robotic Research Group, sebuah riset group dibawah Laboratorium Perancangan Sistem Elektronika, Fakultas Elektro dan Komunikasi, Universitas Telkom. Laboratorium EIRRG memulai kegiatan riset sejak tahun 2007. Fokus riset terdiri dari sistem kontrol, mekatronika, sistem cerdas dan kecerdasan buatan. EIRRG dibentuk untuk memfasilitasi pengembangan riset robotika, terutama dikampus Universitas Telkom.

                      Saat ini kami mendapat kesempatan untuk melakukan wawancara eklusif dengan salah satu Mahasiswa yang aktif di laboratorium elektro robotik. Dia adalah Kak Donny,  salah satu Mahasiswa  Fakultas Elektro Universitas Telkom, jurusan S1 Teknik Elektro yang saat ini sedang menekuni hobinya di dunia robotik. Nama lengkapnya Romanzah Donny dan akrab di panggil Donny. Dikarenakan dari kecil hobi ngotak-ngatik komputer dan elektronik Mahasiswa kelahiran 7 oktober 1993 yang dilahirkan di Sumedang ini terjun di dunia robotik. Terlahir dari pasangan Nana Suyana dan Iis, kak Donny telah memiliki dua orang kakak.

                  Pada Tahun 2005 kak Donny Romanzah menamatkan bangku sekolah dasarnya di SDN Sukamaju Sumedang, Kemudian dia melanjutkan SMP-nya di Madrasah Sanawiyah Sumedang dan tamat di tahun 2008 Untuk pendidikan menengah keatasnya kak Donny melanjutkan di SMA Madrasah Aliyah N 1 Sumedang dan di ditamatkan pada tahun 2011.

                Melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi Kak Donny merantau ke Bandung dan masuk di Fakultas Elektro Universitas Telkom, jurusan S1 Teknik Elektro. Kak Donny sekarang masih di semester lima di kelas TE-35-02. Beralamat asli di Sumedang kak Donny mengekos di jalan radio Bandung.

              Selain sibuk ngampus kak Donny juga sibuk memegang dua laboratorium. Kak Donny diamanati memegang laboratorium elektro robotik sesuai dengan hobinya dan laboratorium PBE yaitu Besaran Pengukuran Elektrik. Untuk UKM sendiri kak Donny aktif di workshop elektro. Berhubung Kak Donny masih baru sekitar satu tahun di laboratorium elektro maka belum memiliki prestasi tetapi dia sempat mengikuti dua riset yang ada di laboratorium elektro robotik. Riset pertamanya yaitu robot penjinak bom dan riset keduanya yaitu robot pertanian.

           Menurut kak donny suka dukanya di dunia robotik ada. Untuk dukanya tentu dunia robotik yang ditekuninya ini sangat menyita banyak waktu. Ia jarang keluar apalagi untuk jalan-jalan.  Sedangkan sukanya karena selain bisa menikmati hobi sejak kecilnya, kak Donny juga bisa mengembangkan dan memanfaatkan hobinya tersebut untuk meraih prestasi nantinya.

          Agar kegiatan kampus dan kegiatan laboratorium yang dijalani selaras kak Donny selalu mengatur jadwal kesehariannya. Di pagi atau di siang hari misalnya kak Donny memfokuskan dirinya untuk belajar, rata-rata tugas-tugas kampus juga diselesaikan siang hari. Sedangkan di malam harinya kak Donny memfokuskan diri di kegiatan laboratorium. Sebagai Mahasiswa yang sibuk menurut kak Donny juga harus pintar-pintar menjaga kesehatan seperti menjaga makanannya dan istirahat yang cukup agar tidak terlalu kelelahan sehinga semua bisa dijalani dengan maksimal.

REVOIS

1463008_10201031896466289_153783385_n

BANDUNG , TELKOM UNIVERSITY, Telkom Engineering School – Himpunan Mahasiswa Teknik Industri dan Sistem Informasi (HMTI)Tanggal 15 Desember 2013 malam kemarin mengadakan acara besar, yaitu REVOIS. REVOIS merupakan sebuah acara puncak atau closing dari kedua acara yang diadakan oleh HMTI, meliputi acara Indeed dan Industrial League. Untuk pertama kalinya acara dari kedua kepanitian tersebut berkolaborasi dengan atas dasar ketua himpunan yang menginginkan sebuah inovasi yang berbeda dari closing tahun-tahun sebelumnya. Lalu dibuatlah acara closing party yang meriah sebagai penutup kedua acara tersebut.

REVOIS (Revolution of industrial and Information System)mengangkat tema Gothic & Romantic sebagai sub tema utama dari TRANSYLVANIA yang merupakan konsep dari urutan acara-acara yang dibuat HMTI sebelumnya yaitu arak-arakan. Dalam acara tersebut tidak hanya mahasiswa dari HMTI yang boleh menghadiri acara ini, tetapi REVOIS dibuka untuk umum dengan memberlakukan tiketing. Acara REVOIS menghadirkan beberapa bintang tamu yang sangat menarik, diantaranya yang menjadi pemikatnya adalah musisi Indie Nasional yaitu Endah N Rhesa.

Pada acara REVOIS, pertama dibuka dengan beberapa band pembuka yang menghibur penonton dengan musik yang berkualitas,diantaranya Foreigner,Ruang Diskusi dan Erlenmeyer serta Reinesance dimana vokalisnya merupakan salah satu anggota HMTI yang eksis, sehingga ada daya tarik sendiri bagi anak – anak HMTI yang datang untuk menyaksikan langsung penampilan dari vokalis Reinesance yang biasa dipanggil bang Fajrul. Selain penampilan Band, acara yang bertemakan Gothic itu tampak glamour oleh penampilan dari EKA Sanvadita Orchestra. Tidak hanya itu , acara ini semakin memanas dengan dimeriahkan oleh penampilan Modern Dance dari MD 20 dan LED dance.

Dan kemudian setelah penampilan diatas satu per satu terlaksana maka dilanjutkannya penampilan yang sangat dinanti, penampilan spesial dari acara REVOIS, yaitu Endah NRhesa. Sudah ditargetkan dengan penampilan Endah N Rhesa suasana semakin menjadi lebih meriah. Memang Endah N Rhesa tidak ada hubungannya dengan tema yang dibuat, tetapi menurut Arya yang merupakan Ketua Panitia Acara Revois, HMTI ingin menunjukan bahwa massa ceweknya lebih banyak sehingga untuk mengundang massa ceweknya diundanglah Endah N Rhesa sebagai daya tarik yang disukai kalangan Mahasiswa dan juga Mahasiswi khususnya. Target dari peserta yang hadir sendiri sudah mencapai target. Dimana massa cewek HMTI berdatangan dan bisa menikmati acara ini tidak hanya massa cowoknya saja. Setelah itu acara di tutup dengan penampilan dari DJ Rizz yang menghipnotis penonton untuk tenggelam dalam euforia dengan musik disco yang menghentak. Semua pengunjung dalam acara ini bersama dengan panitia berpestapora di malam puncak acara REVOIS ini.

Dengan usainya acara REVOIS ini bagi HMTI sudah menunjukan bahwa mereka suatu Himpunan Mahasiswa yang “kompak”dengan membuktikan HMTI bisa menyatukan dua kepanitiaan yang ada dan membuat acara yang bergengsi dikalangan Mahasiswa saat ini. Acara kolaborasi ini sengaja dibuat dipersembahkan untuk HMTI. Harapan dari dibentuknya acara ini agar dapat dijadikan acuan untuk acara-acara yang dibuat nanti agar lebih baik lagi kedepannya.

 

SOFTSKILL ASRAMA TELKOM UNIVERSITY

                              1463008_10201031896466289_153783385_n

                        Senior residence telah bekerja sama dengan pihak CDC (carier development center) untuk membentuk softskill asrama University. Softskill asrama University adalah salah satu pelayanan pihak asrama untuk Mahasiswa dan Mahasiswi baru penghuni asrama setelah diadakannya welcome party bagi penghuni asrama kemarin. Acara softskill asrama unniversity ini baru dibuka tahun kemarin. Dan tahun ini adalah tahun kedua acara softskill asrama University.

                            Softskill asrama university dibentuk untuk pengembangan diri di asrama supaya mahasiswa dan mahasiswi          penghuni asrama yang menempati asrama tidak sia-sia. Dengan mengikuti softskill ini Mahasiswa-Mahasiswi nantinya akan mendapatkan ilmu-ilmu lain yang anak kosan di luar tidak mendapatkannya. Undangannya tentu saja para penghuni asrama. Sebenarnya softskill asrama University ini adalah fasilitas yang mengikat. Karena mengikat event ini seharusnya diwajibkan untuk diikuti semua Mahasiswa-Mahasiswi penghuni asrama. Namun, karena setiap jadwal mahasiswa-Mahasiwi bentrok maka belum ada solusi untuk membuat semua penghuni asrama ikut. Jika mengadakan di hari-hari libur seperti hari minggu motivator atau pembicaranya tidak bisa, karena hanya bekerja di saat jam kerja saja. Untuk saat ini bagi Mahasiswa-Mahasiswi yang memiliki jam kosong diharapkan untuk menyempatkan mengikutinya.

                              Dalam sebulan ada 2-4 kali acara soft skill. Tema-tema yang diangkat di acara softskill beragam. Seperti self awareness, bela negara, kewirausahaan, outbond, dan lain sebagainya. Setiap dua minggu sekali softskill akan berganti tema. Di setiap acara softskill ada dua sesi dalam seharinya.  Setiap sesi memiliki kuota maksimal 40 orang. Dengan mengikuti softskill Mahasiswa-Mahasiswi baru penghuni asrama akan mengetahui kepribadian dan cara memanfaatkan potensi yang di miliki setiap individunya. Dimana softskill ini juga membentuk supaya Mahasiswa-Mahasiswi nantinya akan lebih peka terhadap lingkungan. Tidak hanya kuliah, tidur, kuliah tidur saja.

                               Kesulitan yang dihadapi tim softskill sendiri adalah kurangnya partisipasi penghuni asrama yang mengikuti event ini. Menurut salah satu senior residence asrama putri gedung A Pebby Putri Pratiwi (Mahasiswa Manajemen Informatika Poltek) yang duduk di semester lima, informasi tentang acara softskill yang tim kami sampaikan kepada Mahasiswa sudah maksimal. Penyebaran juga sudah maksimal. Penyebaran di grub facebook (Asrama Telkom University 2013), helpdesk, dan brosur yang dititipkan di helpdesk. Tetapi Mahasiswa-Mahasiswinya terlalu cuek. Baru sedikit yang mengikuti softskill ini. Seharusnya sebagai Mahasiswa harus memiliki keingintahuan yang kuat dengan cara mencari-cari informasi di helpdesk, membaca di facebook, atau bertanya langsung kepada senior residence setiap gedungnya.

                               Menurut kak Pebby sangat disayangkan bagi penghuni asrama yang melewatkan fasilitas yang sudah dibayar oleh penghuni asrama. Selain acara softskill ini selalu menghadirkan pembicara-pembicara yang terkenal di puncak tema juga Mahasiswa-Mahasiswi akan mendapatkan snack dan TAK.